Sunday, March 11, 2018

Wisata Pangandaran; Jelajahi Goa dan Nikmati Rafting

Pangandaran tidak hanya terkenal karena pantainya, tetapi juga karena wisata alam lainnya termasuk goa.Ada cukup banyak goa yang dijadikan wisata Pangandaran bahkan banyak wisatawan yang mengunjungi serta menjelajahinya.Serunya, pengunjung bisa melihat relief dan bagaimana goa tersebut terbentuk secara alami dengan bagian dinding batu seperti terdapat ukiran menakjubkan.
Gua Wisata Pangandaran
Berikut ini beberapa daftar goa yang bisa Anda jelajahi ketika berwisata ke Pangandaran;
Goa Kolor dan Goa Bagong
Lokasi kedua goa ini berdekatan sehingga bisa dijelajahi dalam satu waktu.Kedua goa ini berada di jalur Green Canyon.Tentu saja, keduanya menawarkan eksotisme goa yang masih alami.Oleh karena lokasinya ada di Green Canyon, wisatawan bisa memilih paket rafting dan jelajah atau lintas alam. Artinya, Anda tidak hanya akan melakukan body rafting di Green Canyon tetapi juga menjelajahi kedua goa tersebut.
Wisata Pangandaran kedua goa ini jaraknya kurang lebih sekitar 30 menit dari lokasi Green Canyon atau 35 KM jika Anda dari Pantai Pangandaran. Kedua goa ini menjadi alternatif tetapi bersifat wajib ketika Anda menjelajahi Green Canyon.Kenapa? Bukan hanya karena keindahan alam yang ditawarkan oleh kedua goa tersebut melainkan juga akan membuat Anda berkeringat. Setelah berkeringat, maka Anda tinggal melanjutkan kegiatan body rafting yang akan membuat tubuh segar kembali.
Goa Sinjang Lawang
Terletak di Dusun Parinenggang, Desa Jadimulya, Kec. Langkaplancar, Kab. Pangandaran, goa ini berdiri masif dan kokoh di perbukitan karst amudra Hindia.Gua ini menawarkan eksotisme karena memiliki aliran sungai sepanjang 500 m yang berasal dari perpaduan Sungai Cijulang Tengah dan Cijulang Kulon (Cisitu).Ya, kedua sungai tersebut bertemu dan bercampur melewati gua.Setelah itu, saat keluar dari goa aliran kedua sungai yang bercampur tersebut kemudian bertemu dengan aliran sungai Cijulang Wetan.
Adapun namawisata Pangandaran ini berasal dari bahasa Sunda yakni Sinjang yang berarti kain panjang dan Lawang yang berarti pintu. Dinamakan demikian karena pada mulut gua terdapat sebuah dinding batu dengan relief untuk mirip motif sebuah sinjang.Bahkan, motif sinjang masih bisa ditemui di dinding-dinging goa.Unik dan pastinya sangat menarik untuk dijelajahi.
Goa Lanang Selasari
Konon, goa ini adalah Keraton pertama dari Kerajaan Galuh sebelum kemudian mendirikan keraton kedua yang berada di Karang Kamuyaan Ciamis.Adapun penamaannya berasal dari sosok Raju Galuh yang merupakan seorang pria (lanang) dan ada juga yang mengatakan adanya batu berbentuk seperti kelamin laki-laki sehingga dinamakan Goa Lanang.
Nah, itulah beberapa goa yang berada di Pangandaran yang bisa Anda jelajahi.Tentu saja, untuk bisa menikmati keindahan semua wisata Pangandaran di atas, apalagi dengan memadukan wisata jelajah atau lintas alam dan rafting, disarankan untuk menggunakan jasa seorang guide atau lewat agen wisata.Sehingga Anda bisa menjelajahi gua dengan aman dan bisa bersenang-senang dengan rafting

No comments:

Post a Comment